Tutorial Google AdSense terlengkap

(Panduan Praktis) Cara Mendapatkan Uang dari Internet Untuk Pemula


Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan hidup manusia.

Terlepas anda mengakuinya atau tidak, tapi itulah faktanya. Salah satu bukti yang paling relevan dengan kondisi tersebut adalah survey terbaru mengenai jumlah pengguna Internet di Indonesia ini.

Seiring dengan pertumbuhan pengguna Internet, informasi bahwa Internet bisa menghasilkan uang pun saat ini sudah menjadi rahasia umum.

Pencarian kata kunci yang berhubungan dengan topik "cara mendapatkan uang dari internet", "cara cepat mendapatkan uang", "cara mendapatkan uang secara online" dan lain-lain akhirnya ikut meningkat.

Termasuk "cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula".

Sayangnya...

Setelah saya telusuri, hasil pencarian dari setiap kata kunci tadi belum ada yang benar-benar memberikan panduan praktis untuk mendapatkan uang. Kebanyakan hanya memberikan peluang, bukan "cara". Bahkan beberapa saya curiga itu malah berbau penipuan!

Tentu hal yang semacam itu sangat merugikan mereka yang benar-benar pemula dan ingin mencari rezeki melalui internet. Bukan begitu?

Termasuk saya pun dulu punya pengalaman yang tidak enak saat belajar tentang cara mendapatkan uang seperti ini.

Berbagai model dan metode mencari uang di internet sudah saya coba. Ribuan jam habis cuma untuk belajar kesana-kemari tapi tetap saja belum bisa menghasilkan uang.

Memang betul, karena belajar secara otodidak dari banyak sumber di Google (yang seringkali tidak sinkron) selama bertahun-tahun saya tidak mendapatkan uang, tapi dari situ saya akhirnya paham, bahwa:

  1. Mencari uang butuh waktu (tidak bisa cepat/instan).
  2. Mendapatkan uang dari Internet tidak mudah, tetap butuh usaha dan kerja keras.

Kalau anda memang ingin mendapat penghasilan dari internet saran saya pahami dulu 2 prinsip tadi. Usaha Online dan Offline sama saja, hanya medianya saja yang berbeda. Prakteknya tetap sama!

Mencari uang lewat usaha online sama seperti membangun bisnis offline.

Sama satu lagi...

Untuk mendapatkan uang secara online kita juga butuh uang (modal) meskipun tidak banyak, minimal buat beli kuota Internet.

Yakin masih mau lanjut?

...kalau anda yakin, mari kita mulai.


Perlu saya sampaikan bahwa ini hanya salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan dari internet yang menurut saya cocok untuk pemula.

Model Bisnis Online

Pada dasarnya model bisnis online itu saya bagi menjadi tiga berdasarkan mudah dan tidaknya untuk dilakukan.

  1. Jualan Online - Tidak Mudah
  2. Affiliasi - Menengah
  3. Iklan - Mudah

Untuk pembahasan secara mendetailnya anda bisa baca di panduan bisnis online yang ada di blog personal saya.

Disini saya hanya menyampaikan poin pentingnya saja.

Jualan Online

Dari ketiga model bisnis online, jualan online saya kategorikan sebagai model yang tidak mudah untuk dilakuakan, apalagi oleh pemula.

Sebelum kita bahas sebabnya, saya ingin sedikit jabarkan bahwa Jualan Online dibagi menjadi 2; Jualan Produk dan Jualan Jasa.

Untuk yang produk, saya juga membaginya lagi menjadi 2, yaitu Produk Fisik dan Produk Digital.

Model bisnis ini saya katakan tidak mudah karena sistemnya sama persis dengan membangun bisnis secara offline.

Anda perlu melakukan perencanaan yang matang, membuat produk, menentukan harga dan target market, dll. Untuk pemula menurut saya ini kurang cocok.

Affiliasi

Model bisnis online yang kedua ini ada di tingkatan menengah. Tidak sulit, tapi juga tidak bisa dikatakan mudah.

Cara kerjanya mungkin sederhana. Pertama, anda mendaftar di salah satu Program Affiliasi seperti Affiliasi Lazada misalnya. Setelah di setujui oleh pemilik program, anda tinggal merekomendasikan produk/jasa milik penyedia program affiliasi tadi ke masyarakat umum secara online.

Anda akan mendapatkan penghasilan (sesuai dengan persentase komisi) dari setiap penjualan yang terjadi melalui link affiliasi milik anda. 

Sebetulnya menurut saya model bisnis ini hampir sama dengan model sebelumnya, hanya saja yang anda tawarkan disini adalah produk/jasa milik orang lain.

Karena mirip, maka tahapannya pun tidak jauh berbeda. Agar bisa berhasil membuat orang membeli produk yang anda tawarkan (rekomendasikan), anda harus mengerti soal produknya (product knowledge), akan lebih baik jika anda juga sudah pernah menggunakan produk/jasa yang tersebut.

Itu yang kemudian membuat model bisnis affiliasi ini tidak bisa saya katakan mudah.

Iklan

Ini model bisnis yang paling populer dan yang paling mudah untuk dilakukan, dibanding model bisnis online sebelumnya (menurut saya).

Bagaimana tidak? Untuk bisa mendapatkan penghasilan dari iklan anda tidak perlu susah-susah membuat produk atau keluar modal untuk membeli produk dan gabung di program affiliasi.

Pada dasarnya bisnis model iklan ini hanya menuntut anda untuk menyediakan tempat (space) untuk menampilkan iklan saja.

Umumnya pembayaran yang akan anda terima dihitung dari harga per-klik iklannya (PPC: Pay Per Click).

Berdasarkan sumber iklannya, bisnis model ini saya bagi menjadi 2 kategori, yaitu Direct Ads dan Ads Network. Dimana Direct adalah iklan yang dipasang secara langsung oleh pemilik iklan di situs anda (kerjasama), sedangkan Ads Network adalah iklan yang muncul di situs anda setelah anda gabung di perusahaan periklanan daring (online) seperti Google Adsense.

Setelah memahami beberapa model bisnis tadi, kalau anda pemula saya sarankan untuk memulai dari yang paling mudah dulu.

Harus saya akui memang penghasilan iklan untuk situs baru tidak besar, tapi menurut saya itu setara dengan tingkat kemudahannya. Worth it lah untuk pemula, apalagi yang tidak punya budget banyak.

Besar-kecilnya penghasilan di semua model bisnis online itu tergantung dengan sedikit-banyaknya trafik yang anda miliki. Dan untuk bisa mendapatkan tawaran kerjasama di Iklan Direct biasanya pengiklan punya standart trafik yang cukup tinggi.

Oleh karena itu sejauh ini menurut saya menjadi Publisher Iklan Network seperti Adsense masih jadi cara yang paling mudah untuk mendapatkan penghasilan dari Internet.

Berikut langkahnya.

Cara Mendapatkan Uang dari Google Adsense

  1. Membuat Blog
  2. Menulis Konten Berkualitas
  3. Mendatangkan Trafik
  4. Mendapatkan Penghasilan dari Google Adsense
  5. Meningkatkan Penghasilan dengan Youtube
...kita akan bahas satu per-satu.

Tapi sebelum itu, kalau mata anda sudah lelah saran saya bookmark dulu halaman ini dan anda bisa melanjutkan kembali setelah istirahat sejenak.
------------------------------------------------

1. Membuat Blog

Silahkan anda kunjungi https://www.blogger.com/

Pilih "Create Your Blog". Setelah itu silahkan login (masuk) ke gmail yang anda buat tadi di tahap 1, dan ikuti langkah-langkahnya sampai muncul form seperti dibawah ini.



Buatlah nama (judul) blog yang menarik dan mudah diingat, seperti Lintas Media misalnya. Untuk memudahkan anda, buatlah nama yang berkaitan dengan isi dari blog anda nantinya.

Untuk alamat (url blog) buat yang sesuai dengan judul blog tadi, agar terlihat lebih bagus. Usahakan jangan gunakan angka atau tanda (-) di url blog anda serta jangan lebih dari 3 kata.

Kemudian, pilih Tema yang anda suka.
Setelah itu klik "Buat Blog". Selamat anda sudah berhasil membuat Blog Pertama anda.

Apakah blog tersebut langsung bisa menghasilkan uang? jawabannya adalah BELUM.
Silahkan anda baca Panduan Blogger ini agar

2. Menulis Konten

Langkah kedua setelah membuat blog adalah menulis konten.

3. Mendatangkan Trafik

Sebagus apapun kontennya jika tidak di-distribusikan dengan benar akan sangat susah mendapatkan pembaca.

4. Mendapatkan Penghasilan

Sampai disini saya bisa pastikan seharusnya anda sudah punya sebuah Blog atau Channel Youtube. Ini adalah langkah terakhir dari serial panduan ini.

Namun sebelum melakukan tahap yang terakhir ini, pastikan channel online yang anda miliki sudah benar-benar siap sesuai dengan standart masing-masing yang ada di Panduan Blogger dan Panduan Youtuber.

Jika belum maka persiapkan terlebih dahulu, karena akan percuma anda melakukan tahap yang ke 3 ini jika Blog/Youtube anda belum siap untuk di monetasi.

Seberapa besar keyakinan anda bahwa Blog/Youtube anda bisa menghasilkan uang untuk anda? saya 99%, yang 1% adalah kemungkinan saya gagal.

Gagal adalah saat kita sudah tak mau berusaha untuk mencoba lagi - JagoanAdsense.com

5. Meningkatkan Penghasilan

Youtube Adsense

Pertama, kunjungi https://www.youtube.com/create_channel

Silahkan login menggunakan gmail yang telah anda buat di tahap 1. Jika sudah, anda akan menemukan form seperti dibawah ini.


Buatlah Nama Channel yang sesuai dengan isi konten video yang akan anda buat nantinya.
Kemudian, klik "Buat Channel". Selesai.

Anda sudah berhasil membuat Channel Youtube pertama anda. Sekarang saatnya mempersiapkan Channel tadi agar bisa di monetasi (menghasilkan uang).

Namun mengingat fokus pembahasan kita adalah Cara Mendapatkan Uang dari Internet maka untuk cara set-up channelnya bisa anda baca di Panduan Youtuber ini.

Ternak Blog Adsense

Google Adsense sekarang sudah tidak seperti dulu, ada add site review.