Panduan Belajar Google Adsense untuk Pemula, Lengkap!


Google Adsense memang saat ini sudah sangat populer seiring melambungnya popularitas YouTube sebagai platform berbagi video dengan pencarian terbanyak.

Namun perannya sebagai salah satu revenue stream bagi para Blogger juga tidak bisa diabaikan. Terlebih untuk para blogger yang bermain di "pasar bule", tentu earning yang dihasilkan juga cukup menjanjikan.

Saya sendiri memutuskan untuk menggunakan Google Adsense sebagai project jangka panjang tim Jagoan Adsense, yakni membangun 100 Blog Adsense sejak tahun 2014.

Tentu itu bukan hal yang mudah, membutuhkan kerja keras dan dedikasi yang tinggi untuk mengelola blog sebanyak itu. (Update per 2019 tim Jagoan Adsense menambah aset 10 channel youtube yang dimonetisasi menggunakan Google Adsense).

Untuk anda yang sedang mencari referensi belajar Google Adsense, anda berada di tempat yang tepat! Karena disini saya akan berikan panduan lengkap untuk anda yang ingin belajar membangun Blog ataupun Channel YouTube dan memonetasinya menggunakan Google Adsense.

Panduan ini saya buat berdasarkan pengalaman dan riset saya selama bertahun-tahun menjadi Publisher Adsense. Kalau anda mengikuti tutorial yang saya ajarkan secara benar, saya pastikan blog atau channel youtube anda akan diterima sebagai penayang iklan Adsense.

Belajar Google Adsense dari Nol

Blog ini baru saya buat di tahun 2018, dengan tujuan berbagi pengalaman dan mengajak teman-teman untuk mencoba bisnis online berbasis blog yang satu ini, dan tanpa butuh waktu lama (-+ 24 Jam) blog ini sudah di approve 100% oleh pihak Google Adsense.

Kalau anda ingin tahu bagaimana caranya silahkan baca artikel panduan ini sampai selesai.

Apa itu Google Adsense?

Sebelum melangkah lebih jauh, pastikan anda sudah memahami apa itu Google Adsense serta beberapa hal fundamental lainnya.

Google Adsense adalah program periklanan yang berada dibawah naungan perusahaan Google LLC, dimana program ini memungkinkan para Blogger dan YouTuber untuk mendapatkan uang dari bagi hasil setiap iklan yang tampil dan-atau diklik oleh pengunjung di situsnya.

Bagaimana Cara Kerja Google Adsense?

Untuk memahami cara kerja Google Adsense ini silahkan perhatikan 3 hal yang ada dalam ekosistem bisnis periklanan ini:

  • Google (sebagai penyelenggara program periklanan)
  • Advertiser (para pengiklan yang berasal dari para pemilik bisnis atau pemilik situs)
  • Publisher (para Blogger dan YouTuber yang tergabung dalam program Google Adsense)

Cashflow yang terjadi di dalam ekosistem ini sebagai berikut:

Advertiser - Google - Publisher

Para pemilik bisnis (yang menyadari bahwa tingginya jumlah pencarian di Google) memasang iklan di Google menggunakan tools Google Ads (versi lama: Google Adwords), kemudian Google sebagai penyelenggara program periklanan menerima sejumlah uang dari para pengiklan tadi.

Peran selanjutnya adalah Google Adsense, yakni mendistribusikan iklan-iklan tadi ke seluruh situs (baik Blog ataupun Channel YouTube) yang terdaftar sebagai Publsiher Adsense.

Sebagai gantinya, Google Adsense akan memberikan bagi hasil (bayaran) untuk setiap iklan yang tampil dan-atau diklik di situs tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kenapa memilih Google Adsense?

Secara umum metode untuk mendapatkan uang dari internet ada tiga: (1) Jualan Online, (2) Mengikuti Program Afiliasi, (3) Iklan.

Iklan sebetulnya tidak hanya Google Adsense.

Saya membagi monetasi menggunakan metode iklan ini menjadi 2 kategori:

Pertama, Iklan Direct dan yang kedua, Iklan Network.
Iklan Direct adalah iklan langsung. Dimana para pemilik bisnis (pengiklan) secara langsung menghubungi anda sebagai pemilik situs untuk memasang iklan mereka di situs anda baik dalam bentuk banner atau artikel (misal : review). Sebagai gantinya anda akan mendapatkan bayaran sesuai dengan kesepakatan.

Iklan Network adalah iklan jaringan atau iklan yang diselenggarakan oleh sebuah perusahaan periklanan, dalam hal ini contohnya Google dengan program periklanannya Google Adsense.

Selain Adsense ada beberapa program periklanan yang cukup populer juga dikalangan Blogger, seperti MGID.

Berikut ini alasan kenapa saya memilih Google Adsense:
  1. Mudah
  2. Mendapat akses penuh
  3. Iklan sesuai dengan konten
  4. Tersedia banyak format iklan
  5. Memberikan komisi yang paling besar

Google Adsense

Tips Mendaftar Google Adsense supaya mudah diterima

Ada banyak sekali orang yang merasa kesulitan mendaftar sebagai Publsher Adsense di luaran sana. Padahal Google sudah sangat jelas dalam memberikan syarat dan ketentuannya.



Daftar menggunakan Blog

Cara Daftar Google Adsense

1. Syarat Mendaftar Google Adsense
2. Langkah-langkah untuk mendaftar Google Adsense
a. Mendaftar menggunakan Blog
b. Mendaftar menggunakan YouTube

Apa yang harus dilakukan setelah diterima sebagai Publisher Adsense?


F.A.Q Google Adsense

Berapa penghasilan Publisher Adsense?
Secara teori penghasilan Publisher Adsense tidak terbatas, tergantung dengan jumlah traffic yang dimiliki.

Kapan penghasilan Google Adsense bisa dicairkan?
Penghasilan bisa dicairkan setelah mencapai $100 (sekitar 1,5 juta rupiah), dan akan ditransfer pada tanggal 21-25 setiap bulannya.

Darimana asal uang Google Adsense?
Uang Google Adsense berasal dari bagi hasil pendapatan ikan yang Google dapat dari para pengiklan dengan para Publisher Iklan Adsense (Blogger atau YouTuber).

Apakah Google Adsense itu Halal?
Berdasarkan pengetahuan saya (ilmu Fiqh) penghasilan dari Google Adsense hukumnya halal.

Berapa jumlah minimal visitor yang dibutuhkan agar bisa mendapatkan uang?
Setiap blog atau channel youtube berbeda, tergantung dengan target negara dan niche (topik) yang dibahas, tapi umumnya untuk blog berbahasa Indonesia butuh traffic 1000-5000-an untuk bisa menghasilkan uang secara rutin setiap bulannya dari Google Adsense.

Bolehkah menggunakan niche (topik) campuran?
Boleh, tapi saya tidak merekomendasikan. Berdasarkan pengalaman saya blog dengan niche yang spesifik lebih mudah untuk dikembangkan dan lebih mudah mendapatkan profit.

Bagaimana caranya supaya tidak kena Bannerd?
Lakukan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah Google berlakukan. Jangan pamer!

Anda sedang belajar Google AdSense? Baru pertama kali berkunjung ke JagoanAdSense.com?
Saya ucapkan Selamat Datang!

Seperti kita tahu, menjadi Publisher Adsense adalah tujuan banyak Blogger dan YouTuber di Indonesia. Selain karena memang menjanjikan hasil yang besar, mengikuti program periklanan Google ini juga terbilang sangat mudah.

Sangat mudah?

Tentu saja! Anda hanya membutuhkan akun gmail dan sebuah blog atau channel youtube untuk mendaftar sebagai Publisher Adsense.

Tapi permasalahan terbesarnya adalah ditolak.

Kebanyakan Blogger pemula kesulitan mendapatkan persetujuan (approve) dari Google Adsense (apakah anda salah satu dari mereka?). Sedangkan YouTuber pemula kebanyakan kesulitan untuk mendapatkan subscriber dan juga watch time.

Saya juga pernah mengalaminya.

Tak peduli siang-malam belajar Google Adsense, Blog, SEO, YouTube, bahkan sampai keluar uang untuk beli ebook, dll, tapi tetap saja pendaftaran saya tidak disetujui, karena teknik yang diajarkan kebanyakan menggunakan cara "kotor" alias curang.

Setelah bertahun-tahun belajar dari setiap kesalahan, akhirnya saya menemukan pola-nya, dan pola tersebut saya uji coba berulang kali.

Alhamdulillah 100% works sampai sekarang.

Full Approve dalam 24 Jam
Performa Channel YouTube
Itu salah satu contohnya, ada puluhan yang saya kelola dan beberapa juga ada yang saya jual, baik itu akun adsensenya, blog, ataupun channel youtube saya.

Meskipun tidak terlalu fantastis, dan saya yakin ada banyak sekali orang yang bisa melakukan lebih dari itu, tapi saya tetap bersyukur atas pencapaian saya itu. Artinya belajar selama ini tidak sia-sia.

Tentu sesama Blogger dan YouTuber yang dulu memulai dari nol, saya tau betul permasalahan anda saat ini dan itulah alasan dibuatnya Jagoan Adsense.

Disini Anda akan menemukan ada banyak sekali informasi dan tutorial bisnis Google AdSense yang saya buat berdasarkan riset dan pengalaman saya pribadi.

Namun supaya tidak terlalu banyak waktu Anda yang terbuang karena harus mencari per-kata kunci di blog ini, saya akan memberikan panduan praktis di halaman "Panduan Google Adsense" ini.

Materi Belajar Google Adsense

Sejak awal dibangun, blog ini hanya berfokus pada topik Google AdSense.

Ada 2 hal utama yang bisa dijadikan referensi belajar Anda disini, pertama; tentang dunia Blog dan yang kedua; tentang dunia YouTube.

Dua hal diatas sama-sama berorientasi pada penghasilan sebagai Publisher AdSense.

Mungkin bagi Anda yang sudah keliling Google mencari informasi tentang AdSense ini menemukan 1 hal lain yang juga populer di kalangan Publisher Indonesia; Mobile Apps (membuat aplikasi mobile dan mendapatkan uang dengan memasang iklan).

"Kenapa tidak dibahas di JagoanAdSense.com?" dalam hati.

Karena menurut kami Blogger dan YouTuber itu berbeda dengan App Developer.

Tentu saja, selain platform periklanan yang digunakan berbeda (untuk Blog dan YouTube menggunakan Google AdSense, sedangkan Aplikasi Mobile menggunakan Google AdMob dan/atau Google AdSense), cara kerjanya juga berbeda.

Oleh karena itu pembahasan tentang App Developer (Google AdMob) nantinya akan kami ulas di JagoanAdMob.com (sedang dalam proses).


Daftarkan email anda untuk mendapatkan update materi Google Adsense
* indicates required

Tools Publisher Adsense

Selain konten yang (semoga) bermanfaat, saya juga menyediakan tools yang dibutuhkan oleh Publisher AdSense, termasuk Anda nantinya.

Semua tools ini Gratis!

1. HTML Converter

Tools ini biasa digunakan untuk mengkonversi kode html ataupun script yang hendak dipasang atau ditampilkan di blog.

2. CSS Minifier

Tools ini sangat berguna untuk mengkompress (memperkecil) ukuran script, sehingga membuat loading blog menjadi lebih cepat.

3. SEO Word Counter

Tools ini sangat berguna untuk menghitung jumlah kata, readability score (seperti di YoastSEO), serta jumlah kata kunci yang ada di dalam sebuah artikel.

Kursus Google AdSense

Pelatihan (Kursus) Google AdSense ini tidak pernah saya rencanakan sejak awal, JagoanAdSense.com membuka program ini karena permintaan dari teman-teman yang cukup banyak terkait materi lanjutan Google AdSense. Baca sejarahnya.
(Ngomong-ngomong, saat ini program kursus kami merupakan Kursus Google Adsense No. #1 di Indonesia menurut Google - berdasarkan hasil pencarian)

Tentu saja pembahasan di Kursus Google Adsense ini jauh lebih lengkap daripada tutorial yang ada di blog. Kalau dibandingkan baru 30% materi yang ada di blog ini dan 70% sisanya saya kupas tuntas di Kelas Kursus.

Kalau Anda tertarik untuk belajar lebih serius "Bagaimana cara yang benar-benar menghasilkan berbisnis Google AdSense" silahkan isi formulir pendaftarannya.

Ini adalah keputusan investasi yang sangat tepat menurut saya.

Jual Akun Adsense

Tak hanya konten dan tools yang tersedia di JagoanAdSense.com, bagi Anda yang tidak ingin memulai blog/channel youtube dari awal, kami juga menjual berbagai blog dan channel YouTube dengan berbagai spek dengan harga yang affordable.

Anda bisa mencari akun Google AdSense, Blog ataupun channel YouTube yang sesuai dengan budget Anda di Jagoan AdSense Store.

Merchandise Jagoan Adsense

Bukan tanpa tujuan, JagoanAdSense.com memproduksi Hoodie (Jaket) dengan design yang keren untuk memotivasi dan membuat Anda lebih percaya diri sebagai seorang Publisher AdSense.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan design Anda sendiri di Hoodie JagoanAdSense, dengan kata lain Custom Hoodie. Sehingga hasilnya sesuai dengan selera Anda.
Untuk 1 pcs Hoodie Premium ini, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar 199 ribu. Selain itu anda juga akan mendapatkan kupon diskon hingga 50% di Kelas Jagoan AdSense.

Detail produknya bisa Anda lihat di Jagoan Adsense Store.

Kalau anda punya pertanyaan mengenai produk atau layanan kami, silahkan hubungi customer service kami atau melalui Media Sosial JagoanAdSense.com dibawah ini.


Salam Earning!
No Comment
Add Comment
comment url