Cara Reset (Menghapus Semua Widget) Template Blogger

Tidak saya pungkiri, berhasil memodifikasi tampilan blog sesuai dengan yang kita inginkan memang menyenangkan. Dulu saya sampai bisa lupa waktu duduk di depan laptop berjam-jam hanya untuk (misalnya) mengubah posisi menu yang tadinya ada kanan menjadi di kiri atau sekedar menambahkan widget kalender di sidebar blog.

Meskipun tidak jarang juga justru malah merusak tampilan blog kita.

Apakah menghabiskan banyak waktu untuk memodifikasi template blog salah? Tentu tidak. Apalagi kalo tujuanmu memang ingin menjadi developer template blogger. Justru betah oprek template adalah modal yang bagus untuk skillmu.

Tapi kalau tujuanmu nge-blog bukan untuk itu, saran saya mulai sekarang kurangi sibuk dengan tampilan blog. Karena sebagus apapun tampilan blogmu kalo tidak ada kontennya makan blogmu akan sepi pengunjung, kalo sepi pengunjung maka blogmu tidak akan berkembang, apalagi menghasilkan uang.

Selain itu, sering gonta-ganti template blog juga bisa berdampak buruk terhadap kualitas SEO blogmu. Jadi lebih baik fokus pada produksi konten yang berkualitas.

Template memang salah satu elemen penting dari sebuah blog, bahkan bagi professional blogger memiliki template yang belum "pasaran" adalah sebuah ke-harusan. Maka dari itu tidak jarang, blogger-blogger professional yang tidak mencantumkan nama templatenya demi menjaga keunikannya. It's branding!

Kita pun tentu ingin memiliki blog yang punya ciri khas (brand) yang baik. Sehingga ketika pengunjung membaca sebuah artikel dari blog kita dia akan terus-terusan ingat dan ingin kembali ke blog kita.

Namun, seperti yang sudah saya sebutkan diawal, seringkali ketika kita sedang customasi template, bukannya blog jadi lebih keren malah justru jadi berantakan. Ada yang widgetnya dobel, tumpuk bahkan jadi bener-bener kacau penampilan blog kita.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, sebelum diganti dengan template yang baru silahkan kamu gunakan kode berikut ini untuk me-reset template blogger lamamu.

Fungsinya apa?

Melakukan reset sebelum mengganti template lama dengan template blog yang baru akan membuat semua fungsi dan tampilannya berjalan 100%. Gak bakalan ada widget yang crash/tumpuk.

Berikut ini cara mereset template Blogger.

1. Masuk ke akun blog kamu.
2. Pilih Menu Template.

Cara Me-reset Template Blog dengan Kode HTML by Rizky Probo

3. Pilih "Edit HTML".

Cara Me-reset Template Blog dengan Kode HTML by Rizky Probo

4. Hapus semua kode HTML-nya.

Cara Me-reset Template Blog dengan Kode HTML by Rizky Probo

5. Copy-Paste kode HTML dibawah ini.

<?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?>
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Judul Blog Anda</title>
<b:skin><![CDATA[ ]]></b:skin>
</head>
<body>
<b:section id='contoh'/>
</body>
</html>
6. Save Template.

Demikian Cara Menghapus/Reset Template Blog dengan Kode HTML. Pastikan kamu mem-backup template lama kamu sebelum melakukan cara diatas.

Semoga bermanfaat. Jangan lupa share dan tinggalkan komen kamu dibawah ini.
Next Post Previous Post
1 Comments
  • Abyan
    Abyan 14 April 2018 02.19

    Ini dia yang ane cari2...
    dari kemarin ngedit template berantakan mulu, ternyata ini tho permasalahannya...

    makasih gan, bermanfaat sekali ilmunya

Add Comment
comment url