Sejarah Blogger (Blogspot) Sejak Tahun 1999 Hingga Sekarang

Blog merupakan kependekan atau istilah yang lebih populer dari Web Log yang berarti situs (website) yang berbentuk log (tulisan/catatan harian).

Sedangkan Blogger adalah platform publikasi blog pertama di dunia yang berdiri sejak tahun 1999, tepatnya tanggal 23 Agustus, dibawah perusahaan bernama Pyra Labs milik Evan Williams dan Meg Hourihan.

Sejarah Singkat Blogger

Awalnya, Paul Bausch dan Matthew Haughey mulai menyebarkan format blog yang bernama blogger tersebut di internet dengan membayar lisensi penggunaannya, tidak gratis seperti sekarang.

Saat ditawarkan kepada perusahan-perusahaan, Globo dari Brazil adalah perusahaan yang pertama kali berminat untuk meggunakan layanan tersebut.

Seiring perkembangannya, pada tahun 2003 Blogger akhirnya diakuisisi oleh Google, bahkan bukan hanya aplikasinya, namun perusahaan sekaligus pendiri dan seluruh karyawannya turut digandeng oleh Google.

Sejak saat itu Blogger mengalami perubahan dan peningkatan yang cukup pesat mulai dari fitur hingga jumlah penggunanya.

Selain pemindahan server dari Pyra Labs ke server milik Google yang secara umum membuat blog yang dihost oleh Google menjadi ber-subdomain .blogspot.com, Google juga menambahkan fitur template, halaman arsip individual untuk setiap post dan komentar serta fitur posting melalui email.

Semua fitur tersebut diluncurkan oleh Google pada 9 Mei 2004.

Sayangnya, pada tahun 2004 pula Evan Williams salah satu pendiri Pyra, akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri.

Tak lama setelah itu, pada tahun 2006, Blogger kembali mengalami perubahan dan penambahan fitur, diantaranya pengaturan label, penataan layout dengan cara drag-and-drop, opsi web feed baru serta pengaturan izin pembacaan blog (untuk membuat blog pribadi).

Sampai saat ini, Blogger telah menjadi salah satu produk andalan Google dengan jumlah pengguna yang terus bertambah secara signifikan.

Nah, itulah sejarah singkat Blogger.com yang bisa saya bagikan kepada anda.

Semoga bermanfaat :)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url