Tutorial Youtube AdSense Terlengkap, Gratis

Tutorial Google AdSense terlengkap

Tutorial Youtube AdSense Terlengkap, Gratis

Selamat datang calon YouTuber!

Saya percaya Anda masuk ke halaman ini bukan tanpa alasan. Berdasarkan data dari Google Analytics, halaman "YouTuber" ini merupakan salah satu halaman yang banyak di kunjungi saat orang masuk ke JagoanAdSense.com

Apakah Anda termasuk salah satunya?

Kalau "iya", maka kemungkinan besar Anda tertarik untuk belajar menjadi seorang YouTuber yang bisa menghasilkan uang dari Google AdSense, dan kabar gembiranya; Anda berada di tempat yang tepat.

Disini saya akan bagikan tutorial praktis bagaimana saya membangun channel YouTube yang menghasilkan ratusan bahkan ribuan dolar per-bulannya.

Tanpa basa basi, mari kita mulai dengan 3 alasan utama kenapa YouTube adalah platform yang tepat untuk membangun Bisnis Google AdSense.

1. Gratis 1000%

Kalau Blog membutuhkan domain (dan hosting untuk Blog berbasis Wordpress.org). Di YouTube Anda benar-benar tidak perlu keluar biaya sepeserpun dalam proses pembuatannya.

Satu-satunya hal yang Anda butuhkan hanya akun gmail. 

2. Mudah dioptimasi

Karena YouTube punya Search Engine sendiri, maka algoritma dan cara optimasinya pun berbeda dengan optimasi Blog di Google.

Berdasarkan pengalaman pribadi dan beberapa opini dari teman-teman YouTuber, untuk masuk ke halaman pertama (bahkan urutan teratas) di hasil pencarian YouTube lebih mudah daripada di Google.

Meskipun begitu, Anda tetap harus mentarget kata kunci tertentu dan melakukan riset terlebih untuk konten YouTube Anda terlebih dahulu.

3. Terintegrasi dengan Google Adsense

Tentu saja ini adalah poin utama yang dicari oleh banyak orang.

Sama seperti Blog, anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari iklan Google Adsense yang anda tampilkan di video YouTube anda.

Dengan pengguna lebih dari satu milyar per-bulan, tentu menjadi daya tarik tersendiri untuk terjun ke YouTube.

Meskipun tidak se-fantastis angka pencarian Google, namun yang perlu digaris bawahi adalah setiap orang yang datang ke YouTube tujuannya sudah jelas: menonton video.

Lebih spesifik.

Bagaimana menurut anda, apakah ada alasan lain kenapa anda ingin memulai profesi menjadi YouTuber? silahkan tulis di kolom komentar.

3 Langkah Awal Memulai Channel YouTube

Salah melangkah, maka bisa jadi membuat anda salah tujuan.

Maka dari itu sebelum melakukan langkah pertama, pastikan anda sudah melakukan 6 hal penting ini agar channel yang anda bangun bisa mencapai tujuan yang benar (read: sukses).

Kalau sudah siap, mari kita mulai.

Pertama: Buat Channel di YouTube

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas, yang anda butuhkan untuk membuat channel YouTube hanya akun Google (gmail). Silahkan anda buat akun gmail terlebih dahulu.

Lewati jika anda sudah memilikinya.

1. Kunjungi situs YouTube.com
2. Pilih Sign In (Masuk) di pojok kanan atas, kemudian masukan alamat email dan password akun Google anda.
3. Klik Icon profile, lalu pilih buat channel
Opsi ini hanya muncul apabila anda belum pernah membuat channel sebelumnya.

Kalau anda sudah punya channel dan ingin membuat yang baru, silahkan anda kunjungi halaman channel switcher, kemudian pilih "Create a new channel".

4. Nama atau Brand

Ini adalah update terbaru dari YouTube, sekarang setiap user yang akan membuat channel di YouTube akan diberi 2 pilihan, yaitu apakah akan menggunakan nama (sesuai email) atau menggunakan nama brand (berbeda dengan nama di email).

Berikut tampilannya.


Ini tidak akan menjadi masalah kalau anda sudah membaca 6 hal yang harus anda lakukan sebelum membuat channel YouTube.

5. Selanjutnya, masukan nama yang telah anda tentukan dan klik "Buat Channel"
6. Selesai.

Kedua: Melakukan Konfigurasi

Ini adalah langkah penting yang banyak terabaikan oleh para pemula.

Kalau anda punya mindset yang tepat dalam memposisikan channel YouTube anda; sebagai aset (sebuah bisnis), saya bisa pastikan anda juga tidak akan melewatkan tahapan ini.

Branding dan Positioning.

Dua hal yang menjadi bagian vital dari sebuah bisnis, tak terkecuali channel YouTube anda. Berikut ini beberapa hal yang harus anda lakukan setelah anda berhasil membuat channel YouTube untuk memperkuat Brand dan Position channel anda.

a. Mengganti Foto Profile


b. Mengganti Cover (Header)


c. Menulis Deskripsi Channel


d. Menambahkan Link


e. Membuat Video Trailer

Ketiga: Mengunggah Video

Setelah semua konfigurasi telah selesai anda lakukan, selanjutnya adalah mengunggah (upload) video ke Channel YouTube anda.

Kalau anda belum punya video untuk channel anda, silahkan baca ide membuat video YouTube untuk pemula.

Untuk mengunggah video ke channel anda;
1. 

List Tutorial YouTuber