Memahami Menu Pada Dashboard Blogger

Anda pengguna baru atau blogger pemula dan bertanya tanya apa saja menu yang ada pada dashboard blogger dan fungsinya juga belum tahu.

Ada datang ke blog yang tepat, silahkan anda ikuti baca dan cermati atikel di postingan ini dari awal samapai selesai.

Setelah beberapa hari yang lalu saya posting Cara mengelola banyak akun blog yang bisa anda coba walapun sebagi pemula atau blogger lama.

Kali ini saya akan memperkenalkan kepada anda menu menu yang ada pada dashboard blogger agar anda faham fungsinya.

Sebelum itu saya beri tahu apa itu dashboard. dashboard adalah halaman atau tempat di mana anda sebagai pemilik blog bisa mengelola, mengedit, memposting dan lain lain secara bebeas.

Halaman dashboard ini hanya bisa di akses oleh anda yang bisa masuk, serta orang yang di beri izin masuk oleh anda.

Jadi letaknya ketika anda login ke akun blog anda maka anda akan di arahkan ke halaman dashboard dan itu pasti.

Namun apa saja menu menu pada dashboard dan apa fungsinya inilah penjelasanya :


Baiklah dari gambar di atas kurang lebih ada sepuluh menu yang ada pada dashboard blogger yang harus anda pahami.
  • Postingan
Menu yang pertama adalah postingan, menu ini digunakan untuk membuat postingan baru berupa artikel ataupun melihat jumlah artikel, mengedit atau melihat artikel yang tersimpan ( artikel yang belum dipublish ).
  • Statistik
Menu yang nomor dua adalah statistik yang berfungsi untuk melihat jumlah pengunjung atau visitor blog anda mulai dari hari ini, hari kemaren, bulan ini dan seluruh pengunjung.

Dalam menu ini juga nanti akan di tampilkan sumber-sumber yang di gunakan saat mereka masuk ke blog anda entah dari media sosial, google, safari atau lain sebagainya.

Serta artikel yang paling sering di kunjungi dari daerah atau negara yang sering mengunjungi blog anda secara rutin.
  • Komentar

 Menu komentar ini berisi seluruh komentar yang masuk pada blog anda di postingan manapun, mulai awal anda membuat blog samapai sekarang.

Pada menu ini anda akan melihat komentar yang masuk komentar yang belum anda baca atau balas menjadi satu namun tetap menampilkan sumber komentar dan postingan mana yang di beri komentar.

  • Penghasilan
Menu ini berguna untuk memberitahu kepada pemilik blog bahwa blog anda akan di tampilkan iklan atau tidak.

Namun jika anda masih pemula biasanya menu ini belum muncul dan cara untuk memunculkanya bisa baca cara menampilkan menu earning di blog.
  • Halaman
Menu halaman ini hampir sama dengan menu postingan, yang membedakan antara keduanya adalah pad url yang terbentuk akan ada huruf " p " setelah nama domain sedangkan postingan tidak.

Fungsi menu ini biasanya untuk membuat suatu halaman khusus seperti profil, contact, disclimer privacy policy atau yang lainnya sesuai selera pemilik blog.
  • Tata Letak
Menu tata letak adalah menu yang di gunakan untuk mengedit tampilan blog anda, mulai memberi tambahan gambar, mengedit logo, menambah berbagai macam widget dan lain sebagainya.

Dari menu ini juga anda bisa mengganti postingan yang anda unggulkan serta peletakan iklan jika blog anda sudah di terima adsense.
  • Tema 
Menu tema di gunakan untuk mengganti tema tampilan sebuah blog secara keseluruhan, mulai dari warna tulisan serta struktur blog.

Di menu ini juga anda bisa mengedit blog anda dengan menggunakan kode HTML ketika blog anda tidak bisa di edit melalui menu tata letak.
  • Setelan
Sudah pasti menu daripada setelan ini di gunakan untuk mengatur seluruh isi yang ada dalam bio anda nantinya.

Mulai dari nama judul, deskripsi blog, nama domain, dan lain sebaginya lebih lengkapnya bisa baca di sisni.
  • Daftar Bacaan
Menu ini biasanya jarang terpakai dan tersentuh tapi fungsi sebenarnya adalah untuk menampilkan postingan terbaru dari blog blog yang anda ikuti.
  • Bantuan dan Masukan
Menu yang terakhir merupakan fasilitas yang di berikan google kepada penggunanya jika ada kendala atau kebiungungan bisa klik di menu ini untuk bertanya dan memberi masukan.

Dan sebenarnya penjelasan mengenai semua menu pada dashboard blog juga terdapat di menu yang satu ini, namun kurang detail.

Mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan semoga bisa bermanfaat, saya ucapkan terimakasih telah berkunjung di blog kami.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url