Cara Cepat Mendapatkan 4000 Jam Penayangan dan 1000 Subscriber

Halo gan...? Apa kabar? Kembali lagi sama saya si Jagoan Adsense.

Pada artikel kali ini, saya mau berbagi tips bermain Youtube Adsense yang saya jamin pasti kalian udah nyari-nyari dari dulu.. hehehe, iya kan?

Seperti kita ketahui, menjadi seorang Youtuber tentu sudah bukan lagi professi yang bisa dipandang sebelah mata. (Kecuali kalo emang matanya cuma sebelah :-D).

Yaa, sebut aja si Arap, Youtuber yang kerjanya cuma mainan Game doang tapi bisa dapet bayaran ratusan juta per- bulan. WOW

Kalo mau yang lebih ekstreem lagi, "Googling" aja PewDiePie. Sama, kayak si Arap, kerjanya cuma nge-game tapi bayarannya... wah, silahkan cari tau aja sendiri, nggak enak kalo dibocorin disini.

Dari dua contoh Youtuber yang saya sebutin tentu sudah barang tentu, professi Youtuber kian hari kian banyak peminatnya. Bahkan, anak kecil jaman sekarang kalo ditanya "besok gede cita-citamu jadi apa?" mereka nggak jawab jadi dokter atau pak polisi lagi, tapi jadi Youtuber. Gendheng!

Bagi saya sih, nggak ada masalah, mau cita-cita jadi apapun yang penting mah bisa bermanfaat bagi sekelilingnya.

Oke, balik lagi ke topik.

Jadi begini, dengan jumlah peminat menjadi Youtuber meningkat pesat, ternyata itu berefek "buruk" untuk banyak orang pula, khususnya mereka-mereka yang kepengin ngerasaan duit dari Youtube tapi belum tau apa-apa, alias newbie.

Kenapa?

Karena, Youtube akhirnya demi mengimbangi tingginya pendaftaran menjadi Publisher Adsense via platform video broadcast terpopuler sejagat itu, mereka meng-upgrade dan memperketat peraturannya.

Sempet inget, dulu pas tahun 2014 saya daftar Youtube itu, cuma modal upload satu video udah bisa jadi Publisher Adsense, sedangkan di tahun 2016 saya daftarin channel lagi peraturannya ganti jadi 10.000 jam penayangan, dan sekarang peraturannya gendheng, untuk bisa menjadi Publisher Adsense (menampilkan iklan di video kamu) butuh 4000.jam waktu penayangan dan 1000 subscriber.
Hadeeeh..

Tau gini, dari dulu udah bikin dan daftarin channel sebanyak-banyaknya :-D, tapi apalah daya, penyesalan hanya datang diakhir.

So, gimana caranya biar bisa menembus batasan yang Youtube tetapkan itu?

Oke, ini dia cara cepat mendapatkan 4000 jam penayangan dan 1000 subscriber di Youtube.

1. Pilih Topik yang trendable (maksain banget :-D)

Serius!. Untuk bisa dapet banyak penonton dan subscriber, buatlah channel Youtube dengan niche yang berpotensi trend atau minimal mengikuti trend.

Temen-temen bisa coba manfaatin Google Trends untuk membantu research keyword apa yang lagi trends.

Lah, terus gimana buat yang udah berproses alias udah punya channel dan lagi nge-bangun channel Youtubenya?

Gampang!

Triknya adalah buat judul atau thumbnail yang mengarah kepada trend di Youtube. Tapi jangan click bait loh ya. Apapun kontenmu bisa kok diarahin ke trend. Ini tantangan buat kalian, temen-temen jagoan adsense yang pengin dapet duit dari Youtube.

Kalian harus berkreasi untuk membuat Judul video yang bikin gemes penonton untuk nge-klik dan nonton.

2. Masuk ke komunitas-komunitas yang se-niche dengan konten kamu

Masuk yang saya maksud bukan sekedar join grup atau komunitas, tapi kalian wajib untuk kontribusi dan aktif didalamnya. Dengan begitu secara tidak disadari kalian sedang membangun personal branding. Kalo anggota dari komunitas itu udah trust atau minimal interest sama kalian, insyaAllah apapun yang kalian share pasti bakal ditonton.

Itu trik yang kedua.

3. Berinteraksi dengan sesama Youtuber

Trik yang ketiga ini prinsipnya hampir sama dengan trik sebelumnya, cuma bedanya pada trik yang ketiga kalian akan punya banyak peluang.

Kalian bisa berinteraksi di kolom komentar, tab discussion, atau chat secara langsung dengan meminta kontak si Youtuber tadi.

Nah, setelah akrab, kalian bisa tuh, ngajakin temen kalian tadi untuk collabs (membuat sebuah konten yang diisi oleh kalian dan temen kalian terus di upload di channel masing-masing.

Sebenernya masih banyak trik-trik nya, tapi karena saya belum tidur, jadi untuk kali ini saya cukupkan segini dulu sharingnya.

Semoga bermanfaat. Jangan lupa bagikan ketemen-temen dan grup-grup Youtubermu supaya bisa dapetin manfaatnya. Aamin

Terakhir, Salam Publisher!
Next Post Previous Post
3 Comments
  • Dokter Omet
    Dokter Omet 11 Juli 2018 pukul 09.50

    Tulisannya sangat bernutrisi, mudah dicerna bagi awam sekalipun...

    Kalo buat pemula nulis sampe segini banyaknya udah keren sih...

    • Unknown
      Unknown 15 Juli 2018 pukul 14.43

      Makasih om omet, komentarnya bikin tambah greget untuk terus nulis :-D

  • Irham Muzaki
    Irham Muzaki 9 Februari 2019 pukul 00.19

    Thanks gan buat tipsnya.
    Saya baru mau coba terjun ke Youtube, ditunggu tutorial youtube lainnya.

Add Comment
comment url