Perbedaan Blog dan Website Secara Umum dan Khusus

Tutorial Google AdSense terlengkap

Perbedaan Blog dan Website Secara Umum dan Khusus


Banyak yang yang masing bingung terkait perbedaan antara blog dan website , karena memang antara keduanya maknanya hampir sama.

Seringkali orang orang menganggap sama  karena isinya atau konten yang termuat itu sama yaitu berupa artikel, gambar maupun video.


Namun sebenarnya antara keduanya itu berbeda di lihat dari berbagai fungsi dan perananya sesuai dengan kebutuhan penggunanya masing masing.

Baiklah mari kita simak indikator apa saja yang membedakan antara website dan blog, namun mungkin anda tertarik juga untuk membaca cara membuat subdomain.

Saya akan mulai membahas perbedaan di atara blog dan website dengan beberapa indikator di bawah ini dengan jeals.

1. Model Komunikasi
  • Blog
Komunikasi yang terjadi dalam sebuah bloh lebih bersifat interaktif, artinya di dalamnya tidak hanya di lakukan oleh penulis dan kemudian di baca oleh pengunjung.

Namun pengunjung juga bisa menanggapi tulisan yang di buat oleh pemilik blog, seperti berkomentar memberi saran atau kritikan maupun yang lainya.

Sehingga dengan itu terjadi percakapan dua arah yang saling antar penulis atau pemilik blog dengan pengunjung atau pembaca.
  • Website
Sedangkan komunikasi yang di bangun dalam sebuah website lebih cenderung satu arah, karena setiap konten yang di buat oleh pemilik bersifat linier atau informatif ( pemberitahuan ).

Jadi tidak ada hal yang harus di bahas dalam konten tersebut, ketika ada suatu pertanyaan oleh pengunjung akan di sajikan sebuah alamat email atau nomor hp yang bisa di hubungi kapanpun.

2. Konten
  • Blog
Dalam sebuah blog semua konten yang di buat cenderung dinamis (berubah ubah) yang berisi berbagai macam topik tertentu. serta selalu rutin update.

Konten yang di buat bersifat mengedukasi dengan bahasa yang santai dan mudah di mengerti oleh semua kalangan
  • Website
Sedangkan konten dalam sebuah website sifatnya cenderung statis, karena biasanya website itu di buat untuk memenuhi kebutuhan komersial seperti organisasi, instansi maupun perusahaan.

Maka dari itu konten yang di buat pasti berisi tentang informasi yang berkaitan dengan pemilik website tersebut seperti profil perusahaan, maupun harga barang dan lain sebagainya.

3. Bahasa
  • Blog
Seperti apa yang saya katakan sedikit di atas bahasa yang di gunakan dalam sebuah website cenderung santai dan mudah di fahami.

Dalam artian bahasa yang sering di gunakan oleh masyarakat umum layaknya seperti seorang teman berbicara dengan teman lainya.
  • Website
Sedangkan bahasa yang di gunakan dalam sebuah website cenderung memakai bahasa formal atau baku kartena untuk menghangkat nilai kewibawaan yang di balik website tersebut.

Dengan menggunakan bahasa baku atau formal maka perusahaan atau organisai tersebut akan terkesan lebih profesional oleh visitornya.

4. Waktu Posting
  • Blog
Konten atau artikel yang di buat oleh pemiliknya cenderung rutin dan sering update, jadi pengunjung akan di sajikan kumpulan konten lama sampai yang paling baru.
  • Website
Sedangkan konten yang di posting dalam sebuah website menjelaskan suatu topik terkini atau terbaru, jadi konten yang lama sudah tidak bisa di gunakan selain jadi arsip.

5. Coding
  • Blog
Dalam masalah koding blog cenderung lebih mudah dan bisa di lakukan oleh siapapun karena cenderung simpel tanpa ribet.
  • Website
Sedangkan website karena ingin menmpilkan seprofesional mungkin membutuhkan ilmu koding yang lebih banyak harus memehami beberapa bahasa pemograman.

Baiklah mungkin itu sedikit penjelasn dari saya terkait perbedaan antara blog dan website, semoga anda bisa memahami dan mengerti. 

Terima kasih telah berkunjung dan salam publisher.