Blogger vs Wordpress, Mana yang Lebih Cocok untuk Nge-Blog? -->

Tutorial Google AdSense terlengkap

Blogger vs Wordpress, Mana yang Lebih Cocok untuk Nge-Blog?


Blogger vs Wordpress merupakan dua Platform yang paling populer di Indonesia, terlebih untuk para Publisher Google Adsense.

Bagi anda yang baru mau memulai blog untuk pertama kalinya mungkin bingung harus memilih platform yang mana. Tenang, anda tidak sendiri, dulu saya pun demikian.

Karena penasaran, saya pun akhirnya mencoba menggunakan kedua platform tadi untuk waktu yang cukup lama dan melakukan perbandingan dengan berbagai indikator (akan saya bahas dalam artikel ini) yang menurut saya sangat mempengaruhi masa depan dari blog anda.

Khususnya dalam hal monetize.

Cukup saya saja yang mengorbankan waktu dan "materi" untuk melakukan eksperimen ini, untuk anda yang baru memulai blog saya sarankan untuk lebih fokus ke produksi konten saja agar blog anda bisa menghasilkan lebih cepat.

Tapi sekali pun anda sudah punya puluhan blog, tidak ada salahnya ikut menyimak penjelasan saya mengenai platform mana yang lebih cocok untuk ngeblog. Apakah Blogspot? atau Wordpress?

Blogger vs Wordpress

Namun sebelum masuk ke poin kelebihan dan kekurangan masing-masih platform hinggan penentuan mana yang lebih cocok untuk blogging, mari kita bahas dulu tentang apa itu Blogspot (Blogger) dan apa itu Wordpress.

Woodpres adalah salah satu CMS (Content mangement System) yang paling banyak di gunakan oleh para bloger di belahan dunia.

Karena kemudahan dan tampilan yang lebih profesional atau premium sehingga dijadikan pilihan oleh kebanyakan orang apalagi seorang pemula.

Sedangkan Blogger merupakan CMS (content management system) yang di miliki oleh google sejak tahun 2003 setelah mengakuisis dari Pyra Labs.

Berbeda dengan woodpress bloger lebih sulit untuk merubah tampilan blog menjadi lebih premium atau profesional karena harus melalui proses koding.

Untuk lebih jelasnya saya akan sajikan beberapa perbedaan mendasar antara blogger dan woodpress.

1. Biaya

Untuk blogger krena di bawah naungan goole anda akan di bebaskan biaya hosting atau penyimpanan untukl blog anda sebesar 15 GB. 

Sedangkan untuk domain juga bisa gratis namun, nantinya blog anda akan ada sub domain dari blogger yaitu Blogspot.com. 

Untuk woodpress anda akan di kenakan biaya hosting untuk bisa menyimpan file yang akan di uplod pada blog yang akan anda buat, dengan harga yang berfariatif.

Sedangkan doamin juga sama seperti Blogger bisa gratis namun di belakang nama domain nanti akan ada tulisan woodpress.com.

2. Tampilan atau Tema.

Baik Blogger maupun Woodpress keduanya sama sama di berikan berbagai template atau tema yang bisa anda gunakan.

Perbedaanya untuk blogger tema yang diberikan lebih terbatas dan taampilanya sederhana sedangkan woodpress terdapat bebagai pilihan. 

3. Kontrol

Karena blogger merupakan CMS yang sifatnya Hosted berati bukan milik anda 100 % di situ ada campur tangan google.

Dan memungkinkan blog anda akan di hapus sewaktu waktu tapi dengan alasan yang jelas pastinya.

Sedangkan Woodpres adalah 100 % milik anda. anda bebas mau menjadikan seperti apa blog anda google tidak akan bisa ikut campur tangan.

4. Keamanan.

Terkait keamanan blogger tergolong aman karena di lindungi oleh goole dengan beberapa ketentuan pastinya yang tidak pelanggaran.

Sedangkan woodpress juga sama memiliki keamanan yang tinggi karena skrip keamanan terus di perbarui oleh pihak perusahaan tergantung anda memasang plugin keamanan tersebut atau tidak.

Mungkin anda bisa baca Cara 5 langkah agar blog anda tetap aman.

5. Pemasangan Iklan

Untuk iklan antara blogger dan woodpress kemungkinan untuk di terima adsense lebih besar karen di bawah goole sendiri.

Sedangkan woodpres walapun sedikit lebih susah tetap bisa menampilkan iklan, bahkan juga bisa menampilkan iklan selain adsense dengan mudah.

Mungkin demikian sedikit perbedaan mendasar antaara blogger dan woodpress yang bisa anda pelajari.

Terkait bagus yang mana tergntung tujuan anda. jika anda membuat blog ingin fokus terhadap iklan adsense saya sarankan gunakan platform Blogger.

Selain kesempatan di terima lebih tinggi juga lebih irit biaya terus usahakan juga jangan menggunakan sub domain blogspot guankan Top Lever Domain (TLD).

Mengapa demikian ? anda bisa baca tulisan saya Alsan mengapa harus menggunakan top level domain